Studi Kasus (Kran Bola Kamar Mandi)

Ini berawal karena teman saya yang sedang bekerja meminta saya untuk memodelkan sebuah bola pelampung yang biasanya digunakan untuk menghentikan sebuah aliran secara otomatis. Mirip dengan bola pelampung yang digunakan untuk menghentikan aliran air saat bak mandi penuh.

Langkah pertama, Maka kita harus tahu sistemnya. Disini tentu yang menjadi sistem adalah bola pelampung, karena bola ini yang akan menjadi topik pembicaraan kita kali ini.

Langkah kedua, harus tahu permasalahannya apa? kita kali ini akan membuat persamaan matematis, berkaitan dengan berapa sih ketinggian air pada bola yang mampu membuat bola terangkat?

Langkah ketiga jangan lupa menggambar sistemnya. Karena, tanpa digambar, orang dengan IQ pas – pasan akan sulit untuk mengambil inti dari kasusnya.

gambar 1. bola diiris tipis2 sebesar element hijau dengan latex\Delta h mendekati nol.

akhirnya, kita tuliskan asumsi-asumsi agar perhitungan kita menjadi mudah. Tetapi harus diingat. Asumsi jangan sembarangan. Harus ada kenyataan logis. Pada kasus kali ini, asumsi yang dibuat adalah :

Sesaat sebelum bola naik, bola masih belum bergerak sehingga berdasarkan hokum newton II, ∑F = 0, gaya – gaya yang bekerja adalah gaya apung (Fa), gaya berat(W), dan gaya karena tekanan vakum dalam pipa (Fp). Tanda positif untk gaya searah x+ dan y+, sehingga Fa – W – Fp = 0

Temukan solusinya dengan klik di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s